Sabtu, 15 Oktober 2011

STRUKTUR TUMBUHAN

STRUKTUR TUMBUHAN
Tumbuhan tingkat tinggi mempunyai tiga organ pokok,yaitu akar,batang dan daun.bunga dan buah pada tumbuhan bukan merupakan organ pokok,tetapi merupakan organ hasil modifikasi dari organ pokok.organ dan buah sering disebut sebagai organ reproduksi.
A. AKAR
Akar adalah struktur tumbuhan yang terletak dibagian paling bawah dari tubuh tanaman. Pada tumbuhan berpembuluh(tracheophyta)terdapat beerapa jenis akar.Akar serabut dijumpai pada tanaman paku dan tanaman monokotil(biji berkeping tunggal).akar tunggang dijumpai pada tanaman dikotil(biji berkeping dua) dan tanaman biji terbuka.Akar tujang dijumpai pada tanaman yang tumbuh dipantai seperti tanaman bakau.
Fungsi Akar
Untuk menopang tubuh tumbuhan
Untuk menyerap air dan garam-garam mineral
Untuk menyimpan cadangan makanan
1. Susunan Anatomi Akar
a. Epidermis(kulit luar)
Yaitu lapisan paling luar yang terdiri atas selapis sel,susunannya rapatdan tidak mempunyai ruang antarsel.se epidermis yang mencuat keluar disebut bulu akar .fungsinya untuk mamperluas permukaan akar supaya dapat menyerap air dan garam mineral lebih banyak. Bulu akar terletak diujung akar.
b. Korteks (kulit pertama)
Yaitu lapisan yang berada disebelah lapisan epidermis.sel penyusunnya berdinding tipis,bentuk agak bulat dan susunanya tidak rapat,sehingga mempunyai banyak ruang antar sel yang memudahkan untuk pertukaran zat.
c. Endodermis (kulit dalam)
Yaitu lapisan korteks yang paling dalam.selnya tegak lurus dengan silinder pusat dindingnya dilapisi dengan zat gabus.
d. Stele (silinder Pusat)
Yaitu bagian akar yang paling dalam.lapisan ini berupa sel parenkim yang disebut dengan perisikel(perikambium).sel perisikel yang letanya segaris dengan xilem akan berubah menjadi sebuah jaringan meristem.jaringan iniakan aktif membelahkearah luar membentuk cabang akar.
Modifikasi Akar

a. Perubahan Akar Primer
Akar Primer dapat berubah fungsi sebagai penyimpangan cadangan makanan.bentuk perubahannya antara lain:
1. Akar fusiformis(bentuk seperti tombak),contohnya pada lobak
2. Akar napiformis(bentuk seperti gasing).contohnya pada gula biet.
3. Akar conicalis,contohnya pada wortel.
4. Akar tuberosis,contohnya pada umbi.

b. Perubahan Akar Cabang
Akar cabang ada yang berubah menjadi akar napas(pneumatophore).akar ini berasal dari akar bawah tanah yang kemudian tumbuh dan mincuk kpermukaan air atau tanah sesuai namanya,Akar napas ini berfungsi sebagai alat pernapasan,cobntohnya pada tanaman bakau.


BATANG
1. Fungsi Batang
Tempat melekatnya percabangan batang,daun dan bunga
Tempat pengangkutan air dan garam-garam mineral dari akar ke daun serta zat-zat organik hasil fotosintesis dari daun kebagian lain.
Ada tumbuhan tertentu sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan.
2. Susunan Anatomi Batang
a. Epidermis
Yaitu lapisan paling luar.umumnya terdiri atas satu lapis sel pipih yang tersusun rapat.dinding sel yang berbatasan dengan korteks lebih tipis sedangkan dinding sel yang berbatasan dengan udara lebih tebal dan ada yangdilapisi dengan lapisan kutikula.epidermis berfungsi sebagai pelindung lapisan yang lebih dalam.
b. Korteks
Sel korteks pada batang juga tersusun atas beberapa lapis sel. Sel yang tersusun kurang begitu rapat,sehingga banyak terdapat ruang antarsel. Yang diperlukan dalam proses fotosintesis.
c. Endodermis
Yaitu lapisan paling dalam dari korteks,tersusun atas satu lapis sel yang mengandung zat tepung.endodermis merupakan lapisan pemisah antara korteks dan stele.



d. Stele(silinder Pusat)
Distele terdapat xilem dan floem yang membentuk berkas pengangkutan.
1. Xilem
Xilem disebut juga pembuluh kayu karena terdapatb lapisan kayu.fungsi dari xilem adalah untuk mungangkut.air dan garam-garam mineral dari akar ke daun.
2. Floem
Floem disebut juga pembuluh tapis. Pembuluh ini terletak dikulit kayu dan berfungsi untuk mengangkut hasil fotosistesis.dari daun kesluruh bagian tubuh atau ketempat penyimpanan cadangan makanan.

Modifikasi Batang
a. Modifikasi Batang di Bawah Tanah
1. Rhizoma,brfungsi sebagai alat perkermbangbiakan vegetative,Contohnya pada tanaman jahe.
2. Tuber(umbi batang),berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan,contohnya pada tanaman kentang.
3. Bulbus(umbi lapis),berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan dan alat perkembangbiakan vegetative,contohnya pada bawang merah.
4. Connus,yaitu rhizome yang memendek,berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan dan alat perkembangbiakan vegetatif.



b. Modifikasi Batang Pada Permukaan Tanah
1. Runner,tumbuh sebagai tunas aksilaris batang(tunas ketiak batang).
2. Stolon,tunas yang tumbuh atau timbul dari bagian dasar batang
3. Offset,tunas yang tumbuh dari ketiak daun (tunas aksilaris daun)
4. Sucker,cabang yang tumbuh dari bagian dasar batang yang menenbus kepermukaan tanah.

c. Modifikasi batang diatas permukaan tanah
1. Phylloclader,yaitu batang atau cabang yang terus tumbuh,memiliki ruas dan buku.berfungsi menggantikan daun yang telah gugur.
2. Cladode,cabang yang berkembang dari buku batang atau cabang yang berkembang dari aksis daun sisik.berfungsi sebagai pembawa bunga jantan atau betina.
3. Bulbis,sebagai alat perkembangbiakan vegetative.
4. Tendril(sulur)
5. Thom(duri)
d. Lentisel
Lentisel terdapat pada bagian batang.Lentisel merupakan modifikasi dari jaringan epidermis batang atau kulit batang.melalui lentisel inilah gas-gas dalam pernapasan keluar-masuk batang.

B. DAUN

1. Fungsi Daun
a. Sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis yang paling efektif.
b. Sebagai tempat pertukaran gas(bernapas).
c. Sebagai tempat penguapan air.
d. Sebagai tempat menyimpan zat-zat makanan.
e. pada beberapa tumbuhan berfungsi sebagai alat perkembanngbiakan vegetatif.
Daun yang lengkap atau sempurna mampunyai tiga bagian,sebagai berikut.
1. Helai daun(lamina=folium)
2. Tamgkai daun atau petiole,pada bagian pangkalnya terdapat pangkal tangkai daun atau stipula.
3. Pada beberapa jenis tumbuhan terdapat pelepah daun atau vagina,yaitu bagian pangkal tangkai daun yang membungkus batang,contohnya daun pohon pisang dan daun talas.

2. Susunan Anatomi Daun
a. Epidermis
Merupakan lapisan paling luar (paling atas dan paling bawah).Terdiri atas selapis sel.Sel-sel epidermis berbentuk persegi panjang dan tersusun rapat.Pada epidermis atas umumnya dilapisi dengan lapisan lilin atau kutikula.beberapa tempat diepidermis terdapat mulut daun atau stomata.
b. Jaringan mesofil
Jaringan mesofil merupakan jaringan yang terdapat diantara epidermis atas dan epidermis bawah.Jaringan mesofil terdiri atas jaringan tiang dan jaringan bunga karang.Jaringan tiang disebut juga jaringan pagar atau parenkim palisade. Sel-sel penyusunnya berbentuk bulat memanjang dan tersusun terjajar rapat.Pada jaringan ini banyak terdapat klorofil,sehingga merupakan tempat berlangsung proses fotosintesis yang paling efektif.Jaringan bunga karang disebut juga parenkim spons terletak dekat epidermis bawah .sel-sel penyusunnya tidak teratur dan tersusun tidak begitu rapat sehingga banyak terdapat ruang antarsel..Pada jaringan bunga karang tidak banyak terdapat klorofil.Pada jaringan ini terdapat berkas pembuluh pengangkut yang berupa tulang-tulang daun.Bagian ini disamakan dengan stele pada batang.
c. Stomata
Stomata atau mulut daun merupakan celah yang terdapat pada daun.Stomata merupakan modifikasi dari jaringan epidermis daun.Pada tumbuhan darat,stomata banyak terdapat pada epidermis bawah,sedang pada tumbuhan air stomata merupakan modifikasi jaringan epidermis atas dan bawah,sehingga stomata terletak pada permukaan atas dan bawah,tetapi lebih banyak terdapat pada epidermis atas.
Stomata dibangun oleh dua sel penutup yang dapat membuka dan menutup.melalui celah stomata inilah gas oksigen untuk respirasi masuk kedalam daun,dan gas karbon dioksida serta uap air keluar dari daun,hal yang sebaliknya terjadi pada waktu fotosintesis.
C. BUNGA
Bunga bukan merupakan organ pokok.Bunga merupakan organ tumbuhan hasil modifikasi dari batang atau kuncup_kuncup daun yang beradaptasi atau mengalami modifikasi sesuai dengan fungsinya.Adapun fungsi bunga adalah sebagai alat reproduksi atau perkembangbiakan.dengan demikian bunga sebagai tempat bertemu atau meleburkan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina,sehingga pada bungalah terdapat organ-organ reproduksi tumbuhan.
Organ reproduksi jantan pada tumbuhan disebut benangsari dan organ reproduksi betina pada tumbuhan disebut putik.Berdasarkan ada tidaknya benangsari dan putik,bunga dibedakan menjadi dua yaitu bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.Bunga sempurna adalah bunga yang mempunyai kedua organ reproduksi tersebut yaitu benangsari dan putik,sedang bunga tidak sempurna hanya mempunyai salah satu organ reproduksi.Bunga tidak sempurna yang hanya mempunyai benangsari saja disebut bunga jantan ,sedang bunga tidak sempurna yang hanya mempunyai putik saja disebut bunga betina.Bunga yang sempurna dan lengkap mempunyai bagian-bagian sebagai berikut :
1. Kelopak Bunga(kaliks)
Kelopak bunga terdiri atas beberapa daun kelopak(sepal) yang berwarna hijau.Kelopak bunga berfugsi melindungi bunga ketika masih kuncup.
2. Tajuk atau Mahkota Bunga(Korola)
Mahkota bunga terdiri atas beberapa daun mahkota(petal)yang berwarna merah,kuning,atau warna-warna lain.Mahkota bunga berfungsi untuk menarik serangga atau hewan lain yang akan menyerbuk bunga.Kelopak bunga bersama mahkota bunga disebut sebagai perhiasan bunga(periantium).
3. Alat Kelamin Jantan(Androesium)
Alat kelamin jantan terdiri atas beberapa benangsari(stamen).Masing-masimg benangsari terdiri atas tangkai sari(filamen) dan kepala sari(anthera).Dari kepala sari dihasilkan serbuk sari yang akan menghasilkan sel kelamin jantan.
4. Alat Kelamin Betina(Ginoesium)
Alat kelamin betina terdiri atas satu atau lebih daun buah(karpela).Daun buah ini membentuk putik(pistillum).Jika putik tersusun hanya dari satu karpela,disebut putik sederhana,sedang jika tersusun dari dua atau lebih karpela disebut putik majemuk.Putik terdiri atas tiga bagian yaitu bakal buah(ovarium),tangkai putik(stylus)dan kepala putik(stigma).Didalam bakal buah terdapat satu atau lebih bakal biji(ovulum)yang melekat pada bakal buah dengan perantaraan plasenta.Didalam bakal biji inilah akan dihasilkan sel kelamin betina.
D. Buah dan Biji
Buah dan biji terbentuk setelah terjadi penyerbukan yaitu bertemunya serbuk sari dan putik.kepala putik merupakan tempat melekatnya serbuk sari.Saat serbuk sari yang sudah matang jatuh kekepala putik maka serbuk sari akan lengket.Selanjutnya,sel kelamin jantan yang dihasilkan serbuk sari melalui tangkai putik akan menuju ke ovarium dan bertemu dengan sel kelamin betina sehingga terjadi pembuahan.Penyerbukan yang diikuti dengan pembuahan akan menghasilkan bji yang mengandung embrio atau lembaga atau calon tumbuhan baru.Biji biasanya dilindungi oleh kulit yang seluruhnya tersimpan didalam buah.
Buah dan Biji adalah alat perkembangbiakan tumbuhan yang mempunyai struktur dan bentuk bermacam-macam.berikut ini adalah struktur dan bentuk biji berdasarkan cara penyebarannya.
1. Anemokori(Penyebaran Oleh Angin)
Buah atau biji yang penyebarannya oleh angin mempunyai bulu atau rambut dan kadang-kadang mempunyai bangunan seperti sayap yang mudah diterbangkan oleh angin,contoh:
a. Biji Anggrek yang mempunyai ukuran kecil dan sangat ringan,
b. Biji Lalang, Kapok dan Biduri,mempunyai struktur berambut atau berbulu,
c. Biji Samara atau Maple,mempunyai struktur seperti sayap.

2. Hidrokori(Penyebaran Oleh Air)
Biji atau buah yang panyebarannya oleh air memepunyai berat jenis yang kurang dari satu sehingga dapat mengapung dan hanyut terbawa oleh aliran air.Selain itu mempunyai pelindung yang baik bagi calon individu baru sehingga selama berada didalam air tidak mengalami kerusakan.Kulit biji atau buah sebagai pelindung mempunyai tiga lapis yaitu:
a. Eksocarp, merupakan lapisan terluar yang tipis,kuat,dan mengkilap,
b. Mesocarp,merupakan lapisan yang terletak ditengah dan paling tebal,
c. Endocarp,,merupakan lapisan paling dalam,kuat,dan paling keras.
Contoh buah atau biji yang demikian adalah buah atau biji kelapa dan nyamplung.
3. Zookori(Penyebaran Oleh Hewan)
Tumbuhan yang penyebarannya dibantu oleh hewan mempunyai biji dengan struktur kulit biji yang keras dan tidak dapat dicerna oleh usus hewan,contohnya:
a. Tumbuhan Tembakau,yang penyebarannya dibantu oleh serangga(Entomokori),
b. Tumbuhan Beringin dan Benalu,yang penyebarannya dibantu oleh burung(Ornitokori),
c. Tumbuhan jambu biji,yang penyebarannya dibantu oleh kelelawar(Kiropterokori),
d. Tumbuhan kopi dan trembesi,yang penyebarannya dibantu oleh hewan mamalia(Mamokori).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan Pesan/komentar anda..!!